Jumat, 18 Mei 2012

Rambut berUban di Usia Muda, Bisa Dicegah...?


Premature greying atau penuaan dini pada rambut adalah masalah yang mulai sering dialami para wanita zaman sekarang. Di zaman serba instan ini, polusi dan gaya hidup yang kurang sehat membuat uban tumbuh belum saatnya. Tak usah khawatir, masih tersisa waktu bagi Anda untuk bisa mencegahnya!

PENYEBAB UTAMA 
Terjadinya uban disebabkan berkurangnya ak-tivitas sel melanosit yang merupakan penghasil pigmen melanin (zat warna). Akibat kinerja sel ini yang tidak prima, maka sel ini seolah kewalahan melayani cepatnya pertumbuhan rambut setiap bulannya (1 cm per bulan), sehingga menyebabkan proses memutihnya rambut. 

Penurunan produksi melanosit ini berlangsung seiring pertambahan usia. Pada kondisi normal, wanita Asia biasanya terjadi pada akhir usia 30-an, orang kulit putih usia 34 tahun, dan orang kulit hitam sekitar usia 43 tahun.
Kini, banyak kasus wanita usia di bawah 30-an sudah beruban. Penyebab utama premature greying adalah faktor gen atau keturunan. Jadi, bisa dibilang, apabila orang tua Anda mengalami pertumbuh­an uban secara dini, maka Anda juga akan mengalami hal yang sama di usia muda. Nah, apabila fakta ini sudah Anda ketahui sejak awal, maka sudah sepantasnya Anda melakukan perawatan intensif untuk rambut Anda agar dapat memperlambat munculnya uban. 

Selain faktor keturunan, banyak faktor lain yang menyebabkan munculnya uban, yaitu:
• Kekurangan vitamin B6 (kekurangan butir darah merah)
• Penyakit diabetes
• Penyakit autoimun (sejenis: tiroid)
• Penyakit anemia pernisiosa (kekurangan darah)
• Gangguan kelenjar gondok
• Stres 
• Pemakaian zat kimia pada produk rambut, seperti cat rambut atau sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi. 

4 LANGKAH PENCEGAHAN
Sebelum uban telanjur terlambat diatasi, lakukan 5 hal berikut ini secara rutin, agar hasilnya langsung cepat terasa. 

1. Usapkan campuran air jeruk dan mi-nyak kelapa, seminggu sekali. Biarkan selama 15 menit, lalu dibilas. Jika Anda melakukan ini secara rutin, munculnya uban bisa ditunda hingga usia 60 tahunan.

2. Ambil secangkir teh pekat, tambahkan satu sendok makan garam. Setelah dingin, tuangkan secara merata pada rambut dan pijat-pijat kulit kepala. Biarkan 1 jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo. Lakukan se-bulan sekali. 

3. Creambath yang disertai pijatan di kepala dapat membantu sirkulasi darah kulit kepala jadi lancar dan akar rambut pun lebih sehat. 

4. Berilah nutrisi pada rambut. Seperti kata seorang ahli gizi terkenal dan penulis buku The New Diet Does It, Gayelord Hauser, “Uban dini dapat dikembalikan warna aslinya dengan memperbaiki pola makan dan menambahkan nutrisi penting dalam makanan sehari-hari, yang akan masuk melalui aliran darah.”

Lima nutrisi yang harus Anda konsumsi, antara lain:
-Vitamin A, membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar dan sehat. Dapat ditemukan dalam sa-yuran-sayuran hijau serta buah-buahan berwarna merah dan kuning.

-Vitamin B, melancarkan produksi minyak yang berfungsi menjaga kelembapan dan ke-sehatan rambut. Terdapat dalam sayuran hijau, gandum, beras, hati ayam, hati sapi, sereal, yog-hurt, dan pisang.

-Vitamin E, merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Karena, uban menjadi lebih cepat tumbuh, jika sirkulasi darah tidak lancar.

-Mineral esensial bagi rambut, yaitu zat besi, dan cooper. Terdapat dalam daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut.

-Protein nabati, menjaga tekstur pada rambut dan membuatnya tetap bersinar. Dapat Anda temukan dalam biji-bijian, terutama kedelai.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Koleksi Lain